Blogroll

Sugeng rawuh dateng website kulo monggo sinau bareng bareng............ Welcome to my website let's learn together

About

Selamat Datang di Blog Para Pencari Ilmu mari belajar bersama

Kamis, 13 Maret 2014

Mengapa Handphone Harus Dimatikan Saat Kita Di Dalam Pesawat?

Mengapa Handphone Harus Dimatikan Saat Kita Di Dalam Pesawat?
Pernahkah teman-teman bepergian menggunakan pesawat terbang? Apakah pernah memperhatikan setiap kali kita hendak terbang, pramugari pasti meminta para penumpang agar mematikan Handphone (Hp) selama penerbangan berlangsung?. Namun kadang masih saja banyak penumpang yang tidak mematuhinya. Padahal, Hp yang aktif selama penerbangan itu bisa membahayakan loh teman-teman.

Hp adalah alat elektronik yang dapat mengeluarkan/menerima gelombang radio yang sangat kuat. Ternyata frekuensi gelombang radio yang dipakai oleh Hp tersebut sama dengan frekuensi peralatan komunikasi yang digunakan oleh pilot di kokpit pesawat. Alat komunikasi di kokpit pesawat itu menggunakan serangkaian alat elektronik digital yang sangat sentitif terhadap frekuensi gelombang radio.

Karena frekuensinya sama, maka kedua frekuensi ini akan saling ''bertabrakan'', sehingga bisa mengakibatkan gangguan, terutama pada sistem komunikasi di pesawat. Nah, bila Hp dinyalakan, walaupun dibuat silent dan tidak ada sinyal, ponsel akan terus mencari sinyal. Hal inilah yang akan mengganggu komunikasi pilot di kokpit pesawat karena suara bising yang ditimbulkan dari Hp yang sedang mencari sinyal.

Masih bingung? Nih misalnya saat mesin komunikasi menyebut bahwa ketinggian pesawat adalah 2.000 kaki, tapi karena diganggu bunyi bising akibat ponsel yang sedang mencari sinyal, maka bisa saja kedengarannya jadi 20.000 kaki, karena yang terdengar hanya angka 2 saja. Akibatnya, karena dianggap terlalu tinggi, maka pilot akan menurunkan ketinggian dan bisa-bisa pesawat menabrak gunung. Wah, bahaya sekali kan teman-teman?

Eh, ada juga loh peralatan lain yang tidak boleh digunakan di dalam pesawat yang sedang mengudara, yaitu komputer, CD player, televisi dan game boy, bahkan radio..!! Selain itu beberapa gangguan yang disebabkan oleh peralatan elektronik di dalam pesawat antara lain gangguan navigasi, gangguan sistem kemudi otomatis, arah terbang bisa melenceng, gangguan sistem navigasi, gangguan frekuensi komunikasi, gangguan indikator bahan bakar, gangguan sistem kemudi otomatis, gangguan arah kompas (karena komputer, CD, game), gangguan indikator Course Deviation Indicator (CDI) karena game boy, dan lain-lain.

Jadi, jika kalian bepergian menggunakan pesawat, jangan lupa ya untuk mematikan Hp mu selama berada di dalam pesawat.

Sumber gambar: airlinesticketing.com

Dari berbagai sumber

0 komentar:

Poskan Komentar