Blogroll

Sugeng rawuh dateng website kulo monggo sinau bareng bareng............ Welcome to my website let's learn together

About

Selamat Datang di Blog Para Pencari Ilmu mari belajar bersama

Kamis, 13 Maret 2014

Bagaimana Sih Cara Kerja Vacuum Cleaner?

Apakah teman-teman pernah membantu ibunya membersihkan rumah? Biasanya, jika rumah kita kotor dan berdebu, kita akan membersihkannya menggunakan sapu. Namun penggunaan sapu terkadang tidak bisa membersihkan debu secara maksimal apalagi debu yang menempel di karpet. Nah, ada sebuah alat canggih nih yang bisa membersihkan debu dengan cepat. Alat tersebut bernama vacuum cleaner. 
Cara kerja alat ini sebenarnya sangat sederhana. vacuum cleaner memanfaatkan prinsip tekanan udara. Maksudnya adalah, udara kan  bergerak dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah. Jadi, bagian ujung pipa dibuat hampa udara agar udara di luar tersedot ke ruang hampa. Perbedaan tekanan antara udara di luar dan di dalam vacuum cleaner lah yang membuat udara di luar tersedot ke dalam vacuum cleaner.
Di dalam vacuum cleaner terdapat rotor/kipas yang berputar  dengan kecepatan tinggi. Saat rotor berputar, udara di dalam vacuum dikeluarkan sehingga menciptakan ruang hampa. Dengan begitu, ruang di dalam vacuum menjadi hampa udara sehingga debu yang berada di luar terhisap masuk kedalam vacuum. Selain karena perbedaan tekanan udara, tekanan atmosfir juga membantu udara di luar terdorong ke dalam vacuum cleaner.
Di dalam vacuum cleaner juga terdapat sebuah filter (penyaring) yang berfungsi untuk menyimpan debu, kotoran, rambut, bulu hewan dan partikel-partikel kecil lainnya yang tersedot ke dalam vacuum cleaner. Kotoran-kotoran yang sudah tersaring kemudian disimpan ke dalam sebuah kantong. Dan pada akhirnya udara yang tersedot tadi akan dibuang kembali dalam keadaan bersih karena sudah disaring di dalam filter.

0 komentar:

Poskan Komentar